Apa Hukumnya Bersetubuh Di Bulan Puasa Ramadhan Pada Malam Hari Dan Siang Hari

Cari Referensi Bolehkah Bersetubuh Di Bulan Ramadhan Pada Malam Hari-Risnawati Solusi Menambah Keperkasaan Pria Mengatasi Impotensi Dan Gangguan Disfungsi Ereksi Lainnya.

Hukum Bersetubuh Di Bulan Ramadhan Pada Malam Hari-Di bulan puasa atau bulan ramadhan semua muslim di dunia sudah pasti melaksanakan Ibadah wajib Berpuasa terkecuali ada halangan yang tidak bisa dilakukan, yang pastinya semua di wajibkan untuk berpuasa.
Puasa di bulan ramadhan adalah wajib yang paling utama dan paling mutlak, dalam ibadah ketika ditanyakan mengapa? Karena ini perintah agama atau menyerahkan diri sepenuhnya kepada allah.S.W.T. Semua bentuk perintah agama wajib dilaksanakan diantaranya adalah berpuasa.

Puasa di bulan ramadhan adalah rukun islam. Dalam Hadits Yang Diriwayatkan Oleh Ibnu Umar Radhiallahu Anhuma.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda
:
بني الإسلام على خمس شهادة أن لا إله إلا الله و أن محمدا رسول الله و إقاق الصلاة و إيتاء الزكاة و صوم رمضان و الحج و صوم رمضان

( Islam dibangun diatas lima ( pondasi ) : Syahadat laa ilaaha illallah wa anna Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan ibadah haji ( bagi yang mampu ), dan berpuasa di bulan Ramadhan ) diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim
Ibarat sebuah tenda kehilangan satu tiang, masihkah ia tegak menjulang ?. inilah islam, yang tak akan tegak tanpa tiang – tiang nya, yang diantaranya adalah puasa.

Lantas Ada Yang Bertanya “Apa Hukum Bersetubuh Di bulan Ramadhan Pada Malam Hari?

Hukum Bersetubuh Di Bulan Ramadhan Pada Malam Hari?

Ya, hal itu dibolehkan dan dalil untuk hal itu adalah firman Allah Ta’ala:
أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَىٰ نِسَائِكُمْ ۚ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ ۗ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۖ فَالْآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ ۚ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ۖ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ ۚ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.

Hukum Bersetubuh Pada Siang Hari Di Bulan Ramadhan.

Hukum bersetubuh pada siang hari di bulan ramadhan dalam keadaan atau kondisi safar.

Maka tidak akan dan tidak perlu membayar kaffarah atau tebusan dan melainkan ia tidak berdosa. Karena musafir diperbolehkan berbuka puasa, akan tetapi dia harus mengqadha dimana hari ia telah berbuka.

Dalam firman allah: “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Ia di perbolehkan minum, makan bahkan berhubungan badan selagi ia dalam kondisi safar.

Syekh Bin Baz rahimahulah juga ditanya dalam Majmu’ Fatawa (15/307) tentang hukum orang yang menggauli istrinya di siang hari dalam kondisi berpuasa. Apakah musafir dibolehkan menggauli istrinya apabila dia telah berbuka?

Beliau menjawab : Bagai orang orang yang berhubungan badan di siang hari pada bulan suci ramadhan sementara ia dalam keadaan wajib berpuasa, maka harus membayara kaffarah atau tebusan yaitu zihar (memerdekakan budak kalau tidak mampu, berpuasa dua bulana berturut turut, kalau tidak mampu maka harus memberi makan enam puluh fakir miskin). Dan di samping itu ia tetap di wajibkan mengqadha hari itu dan bertaubat kepada allah subhanahu wata’ala terhadap perbuatan yang dia lakukan. Namun jika ia ada dalam keadaan atau kondisi safar ( berpergian) atau sakit yang diperbolehkan untuk berbuka puasa, maka ia tidak akan tekena kaffarah dan tidak berdosa baginya, namun tetap ia harus mengqadha pada hati ia berbuka.

Berdasarkan firman Allah: “Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al-Baqarah: 184).

Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah juga ditanya dalam Fatawa Shiyam (344) tentang dari seorang yang berhubungan badan dengan istrinya di siang hari bulan Ramadhan dalam kondisi safar?

Beliau menjawab: “Hal itu tidak mengapa, karena musafir dibolehkan berbuka dengan makan, minum maupun berhubungan badan. Maka hal itu tidak apa-apa dan tidak perlu membayar kaffarah. Akan tetapi dia harus mengqadha hari dia berbuka puasa. Begitu juga berlaku bagi isteri yang ikut safar bersamanya, baik dia berbuka maupun belum berbuka. Akan tetapi kalau istrinya dalam kondisi muqim (menetap) maka suaminya tidak boleh menggaulinya karena akan merusak puasanya dan sang isteri wajib menolaknya.”

Tips Untuk Bersetubuh Di Malam Hari Diwaktu Bulan Ramadhan.
  • Lakukan dan niatkanlah beribadah.

Sesungguhnya dalam berhubungan badan bersama pasangan istri di malam hari pada waktu bulan ramadhan di ganjar pahala karena dikategorikan sebagai ibadah.

  • Mandi besih atau mandi junub.

Setelah melakukan hubungan suami istri hendaklah membersihkan badan dengan mandi junub sebelum melakukan ibadah wajib shalat subuh atau sebelum melakukan sahur di pagi hari menjelang subuh.

Nah itulah Hukum Bersetubuh Di Bulan Ramadhan Pada Malam Hari dan siang hari berasama tipsnya semoga  daoat membantu dan bermafaat. Baca artikel lainya. Terimakasih

Baca juga.! Info Tata Cara Posisi Hubungan Suami Istri Menurut Islam Dan Larangannya.

Anda mengalami keluhan ejakulasi dini? Untuk solusinya baca selengkapnya klik gambar dibawah ini.

Advertisements